-->
Generasi EmasClose

Wednesday, November 23, 2016

Asal Usul Sarung dan Mukena

Sarung atau mukena yang kita pakai sebenarnya ada sejarahnya lohh.. Ada baiknya kita mengetahui bagaimana sarung dan mukena itu ada di Indonesia sob. Apa itu sarung, apa itu mukena akan dibahas dibawah ya .. Cekidot..



*Sarung adalah kain lebar yang terbuat dari kain katun atau poliester yang dijahit pada kedua ujungnya sehingga berbentuk seperti tabung. Sarung berasal dari Yaman, yang biasa disebut futah sob. Masyarakat di negara Oman menyebut sarung dengan nama wizaar. Orang Arab Saudi menyebutnya dengan nama izaar. Sarung tidak hanya digunakan di Arab, tetapi juga mencapai Asia Selatan, Asia Tengah, Afrika, Amerika, dan Eropa.
Tradisi menggunakan sarung di Indonesia mulai berkembang setelah masuknya ajaran Islam yang dibawa para saudagar dari Arab, khususnya Yaman. Di Indonesia, sarung menjadi salah satu pakaian kehormatan dan menunjukkan nilai kesopanan yang tinggi. Tidak heran jika sebagian muslim di Indonesia sering mengenakan sarung untuk solat di masjid.




*Asal usul mukena dapat ditelusuri mulai dari sebelum Islam datang ke Indonesia. Pada waktu itu busana perempuan di Indonesia yaitu tepatnya di Pulau Jawa sekedar kain panjang jawa (jarik batik) tanpa dijahit dan kemben yang dililit. Lalu, Islam disebarkan oleh Wali Songo, terjadilah benturan budaya dengan syariah. Salah satunya adalah cara berbusana bagi kaum perempuan. Terjadilah kompromi penggunaan mukena untuk perempuan, yaitu busana sesuai syariat di mana hanya wajah dan telapak tangan yang boleh terbuka saat solat. 
Di Timur Tengah kita tidak akan menjumpai mukena yang terdiri atas rok dan atasan, yang ada justru barqa dan abayya. Pemakaian mukena saat solat hanya ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan kawasan Asia Tenggara lainnya. 

#AMAZING.ISLAM 
Itulah sedikit informasi yang dapat saya bagikan pada sobat sobat generasi emas yang selalu rasa ingin tahunya tinggi. Semoga bermanfaat, sekian...
Facebook Twitter Google+

No comments:

Post a Comment

© 2017 Generasi Emas | Theme by Mas Juni