-->
Generasi EmasClose

Wednesday, May 17, 2017

Percuma Puasa Kalau Masih Melakukan Hal Ini


Hallo Sobat Generasi Emas, bentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan ya.. Pastinya dong kita berpuasa sebagai umat Islam. Karena hukum berpuasa di bulan Ramadhan adalah wajib. Tapi, kita sebagai hamba-Nya pasti banyak melakukan kesalahan. Ada loh yang udah berpuasa dari terbitnya matahari sampai tergelincirnya matahari, namun mereka cuma dapat lapar dan haus saja. Lha? Rugi dong.. Gak dapet pahala jadi? Yup, istilahnya gugur pahalanya saat puasa. Karena ada beberapa hal yang menggugurkan pahala ketika kita berpuasa. Baiklah Sobat, di sini kita akan membahas apa saja yang membuat pahala puasa kita gugur di bulan puasa.

Pertama, ngomongin kejelekan orang lain. Duh, sekarang mah mau yang anak-anak, remaja, dewasa, yang udah tua, yang giginya tinggal satu, mau laki-laki, maupun perempuan. Kalau lagi ngumpul sama temen-temen pasti ada ngomongin orang. Bener gak? Contoh nih, "eh si Anu giginya itu kuning lho, kaya emas". "eh si Joni barusan ngomongin si Jepri tuh".
Nah itu contohnya. Logikanya gini, emang Sobat mau diomongin sama temen dari belakang? Enak kalau yang diomongin itu kebaikan Sobat, lha kalau kejelekan aib Sobat? Aduh, pasti gak enak deh kalau kita tahu kebenarannya bahwa ada temen yang sering ngomongin kita. Kemudian, jika yang mereka sampaikan itu salah, itu jatuhnya jadi FITNAH. Jika itu benar itu jatuhnya jadi GHIBAH lho Sobat.

Kedua, berkata bohong. Yups, saat orang berbohong pasti ada yang disembunyikan, dan yang disembunyikan adalah kebenaran. Ane yakin semua orang pasti pernah berbohong, mau bohongnya kecil-kecilan, bohong yang besar, maupun bohong yang hanya untuk hiburan. Pada dasarnya semua itu dosa. Apalagi saat bulan puasa, huft. Tahu deh pasti sering.

Ketiga, berbicara kotor. Sekarang mah zaman anak muda kalau lagi kesal atau lagi ada musibah bukannya bilang astagfirullah, tapi bilang yang enggak-enggak. You know lah apa yang diucapkan -_-
Sebenarnya bukan anak muda saja sih, yang udah tua juga sering mengucapkan kata-kata yang tidak baik. Yup, kita jaga setiap ucapan kita ya Sobat..

Keempat, memandang sesuatu dengan syahwat atau nafsu. Nah nah nah, kita sekarang zamannya sosmed ya Sobat? Siapa sih yang sehari aja enggak buka sosmed seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau yang lainnya? Pasti ada, tapi pasti enggak enak enggak ngebuka sehari. Dalam sosmed itu kadang sangat banyak hal-hal yang mengundang syahwat, seperti gambar makanan minuman, dan lain-lain. Kadang dalam chatting pun banyak yang mengajak untuk chatting berjam-jam yang merugikam waktu.

Dan yang kelima, mengadu domba orang lain. Banyak yah orang yang sedang berpuasa, namun ada masalah dan akhirnya bertengkar. Ketika mereka adu mulut, kita datang dan mengadu domba kan mereka agar saling berkelahi. Padahal jika kita memberi saran kepada mereka dan meredakan amarah mereka itu merupakan hal yang sangat baik, apalagi di bulan Ramadhan.

Itulah yang bisa ane bagikan pada Sobat-sobat. Sebenarnya masih bayak hal yang dapat membuat pahala kita gugur, kelima hal tersebut ishaAllah sudah mewakili yang lain kok :) Semoga yang disampaikan di atas dapat kita minimalisirkan dan tidak menghiasi ibadah puasa kita seharian. Semoga puasa kali ini puasa yang tidak ada cacatnya sedikitpun.. Aamiin..

Sekian, semoga bermanfaat untuk Sobat. Mohon masukkannya agar saya terbantu untuk melangkah lebih baik ke depannya. Terima kasih..
Salam Generasi Emas..
Facebook Twitter Google+

5 comments:

  1. Yg ketiga itu gan susah banget ane biar gk gtu lagi, kadang suka keceplosan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berusahalh dan trus smangat mngubah kebiasaan buruk mas 👍

      Delete
  2. Yang terpenting puasa harus tahan godaan apapun. Jaga hati jaga sifat
    Hidup cuma mencari ridho allah

    ReplyDelete
  3. Iya gan, apalagi temen-temen ane yang kagak ada rasa sadarnya kalo ngomong asal ngomong aja, wkwkwk.

    ReplyDelete
  4. bermanfaat sekali nih artikel jadi tambah wawasan, apalagi sebentar lagi memasuki bulan ramadhan.

    ReplyDelete

© 2017 Generasi Emas | Theme by Mas Juni