-->
Generasi EmasClose

Thursday, March 1, 2018

Cara Menghadapi Orang Egois dan Pemarah


Setiap manusia dianugerahi kemampuan yang dapat merasakan berbagai emosi. Mulai dari senang, sedih, bahagia, marah, sabar, kesal, dan emosi lainnya. Itu merupakan sifat yang sangat manusiawi yang dimiliki oleh setiap manusia. Namun, terkadang sifat-sifat yang berlebihan tersebut dapat membuat seseorang merasa angkuh, sombong, ataupun mudah dimanfaatkan.
Baiklah di sini kita akan membahas ciri-ciri dan kiat menghadapi seseorang yang kurang disukai oleh orang lain, yaitu orang egois dan orang pemarah.

Egois dalam KBBI yang artinya adalah sifat seseorang yang selalu mementingkan diri sendiri. Sedangkan pemarah adalah sifat seseorang yang lekas (mudah) marah.

1. Orang egois 

 Orang egois biasanya/selalu merasa bahwa dirinya berhak mendapat apa yang telah ia usahakan walaupun usahanya minim sekali, ia juga kurang menghargai orang lain. Berikut kami rangkum dalam bentuk tabel  Orang Egois.


Orang Egois
Ciri-ciriCara Menghadapi
Orang Egois*Tidak memiliki empati terhadap orang lain.
*Mengalihkan tanggungjawabnya kepada orang lain, mencuri barang dan jasa orang lain.
*Hanya mementingkan kepentingannya sendiri.

*Hati-hati terhadap pujian dan bujukan mereka.
*Jaga jarak dengan mereka dan berhubungan seperlunya.
*Jika kita mempedulikan mereka, mereka tidak berterima kasih, justru sebaliknya mereka memanfaatkan dan mengganggu kita.
*Mereka suka mencuri hasil kerja orang lain, sebaiknya dokumentasikan terlebih dahulu hasil pekerjaan kita.
*Hati-hati terhadap manipulasi yang mereka buat, sebisa mungkin bawa kehadiran orang ketiga

dan jangan lupa..

Jangan berupaya untuk merubahnya, karena sifat dasar seseorang bukanlah hal yang mudah untuk diubah, begitupun dengan sifat egois. Sehingga anda jangan sekali kali untuk mengubah karakter dari seseorang. Yang perlu anda lakukan hanyalah untuk membuatnya mengerti serta mengetahui hal-hal yang diingikannya.

2. Orang Pemarah

 Orang Pemarah ialah orang yang suka menyalahkan orang lain atas kesalahannya, tidak dapat mengendalikan emosinya,berteriak gak jelas, dan orang pemarah ini adalah orang yang paling tidak disukai oleh lingkungan masyarakat. 
Sebenarnya marah adalah hak setiap orang untuk mengungkapkan perasaannya. Namun, terkadang jika keseringan maka akan menjadi kebiasaan yang buruk. Apalagi jika melampiaskan kemarahan kepada orang lain. Seperti itulah sang pemarah biasanya meluapkan emosi pada orang lain untuk dirinya sendiri. Berikut kami rangkum dalam bentuk tabel  Orang Pemarah.


Orang Pemarah
Ciri-ciri Cara Menghadapi
Orang Pemarah *.Tidak dapat mengendalikan emosi
*Berteriak, mengancam, melempar atau melakukan sesuatu pada orang lain.
*Menyaahkan orang lain atas kesalahannya sendiri

*Kemarahan mereka merupakan masalah mereka bukan orang lain. Mereka marah karena merasa tidak puas atau tidak berdaya..
*Ketika kemarahan mereka mulai mereda, cobalah ajak mereka berbicara.
*Biarkan/ ajak dia untuk duduk untuk menjaga agar dia tidak melampiaskan kemarahan dengan melempar atau menendang sesuatu.
* Ketika berbicara gunakan suara yang tenang, dengarkan mereka berbicara, berikan dia waktu, berempatilah pada perasaan mereka dan diskusikan secara terbuka.

dan jangan lupa..
Berdiskusi dengan orang yang baru saja mengalami ledakan emosi sebaiknya dilakukan sambil duduk agar tubuh juga dapat rileks dan tidak tegang. Bagi orang yang baru saja meluapkan kemarahannya, duduk bisa membantunya untuk semakin tenang dan menurunkan emosi sehingga bisa kembali berpikir jernih. Hal itu bisa membantunya dengan cara menghindari perilaku tercela lainnya selain mengumbar kemarahan dan cara merubah diri menjadi lebih baik dengan menyampaikan perasaan secara konstruktif daripada dengan marah. 


Nah itu tadi beberapa cara menghadapi orang egois dan orang pemarah, ada baiknya sebelum menilai seseorang, nilailah dulu diri kita. 
Itulah beberapa informasi mengenai orang egois dan orang pemarah, semoga bermanfaat untuk kita semua..
Facebook Twitter Google+

No comments:

Post a Comment

© 2017 Generasi Emas | Theme by Mas Juni