-->
Generasi EmasClose

Sunday, May 13, 2018

Tips Agar Puasa Sehat Dan Lancar

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah menyimpan banyak manfaat bagi kaum muslimin yang menjalankan puasa ramadhan. Jika tidak dilakukan dengan sehat, puasa dapat melemahkan tubuh dan membahayakan kesehatan. Sebaliknya, puasa yang sehat dapat bermanfaat secara fisik. Selama bulan Ramadan, kita perlu memperhatikan beberapa hal agar tetap sehat selama puasa. Berikut delapan tips agar puasa sehat dan lancar.


1.Jika ada waktu, sempatkan untuk mengistirahatkan tubuh kita, dan mengganti waktu tidur yang kurang karena bangun lebih awal untuk sahur. Waktu setelah sholat zuhur merupakan saat yang tepat untuk beristirahat.

2.Di waktu terpanas di siang hari, hindari berlama-lama di terik matahari dan kurangi aktifitas fisik. Jika memiliki waktu luang di sore hari, sempatkan untuk berolahraga ringan seperti jalan sore, bersepeda santai, ataupun yoga. Hal ini sangat baik untuk menjaga kebubagaran tubuh dan memperlancar peredaran darah.


3.Pastikan dalam piring kita memenuhi semua kelompok makanan yang diperlukan, tapi tidak dalam kadar yang berlebihan. Misalnya saja nasi merah, ayam, tahu, tempe, sayuran, buah-buahan, dan segelas air putih. Tiga keluhan yang kerap terjadi di bulan Ramadan tidak akan kita rasakan.

4. Tanpa disadari, minuman manis yang kita jumpai lalu kita konsumsi secara rutin di bulan    Ramadan telah memenuhi 1.000 kalori yang dibutuhkan tubuh per hari.

5 .Ingat, agar terhindar dari kenaikan berat badan selama puasa, energi yang dikeluarkan harus lebih banyak daripada energi yang masuk. Lebih baik minum segelas air putih atau infused water agar mendapatkan manfaatnya. 

6.Hindari tempat-tempat terbuka yang panas dan terik. Makan buah waktu sahur sangat dianjurkan, karena air yang terkandung di dalamnya bisa menjaga tubuh tetap hidrasi. Namun jangan minum banyak air sekaligus. Ikuti pola dua gelas waktu sahur, dua gelas waktu buka dan empat gelas di malam hari dengan rentang tiap 1 jam.


7.Berolahraga setelah berbuka puasa adalah hal sangat dianjurkan. Karena hal ini dapat menjaga berat badan Anda. Tak hanya itu, hal ini juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh serta melancarkan aliran darah. Olahraga yang tepat dilakukan setelah buka puasa adalah olahraga ringan seperti peregangan otot ataupun jalan kaki saat akan menunaikan ibadah sholat di masjid.Itulah beberapa tips selama bulan ramadan,semoga puasanya lancar, Amin.



Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua, ada baiknya sobat membagikan artikel ini kepada teman-teman lainnya agar mereka juga mendapatkan manfaatnya. Sekian Sobat.
Facebook Twitter Google+

No comments:

Post a Comment

© 2017 Generasi Emas | Theme by Mas Juni