-->
Generasi EmasClose

Monday, November 20, 2017

CARA MEMILIH TEMAN PERGAULAN YANG BENAR



Dalam pergaulan kita harus kritis dalam memilih teman, karena teman dapat mempengaruhi gaya hidup kita. Benar atau tidaknya kita dalam bergaul itu tergantung pada perubahan sikap kita. Memang perubahan sikap bukan semua dipengaruhi dari teman-teman yang ada disekitar kita akan tetapi 80% dipengaruhi dari teman-teman kita sendiri.


Memang tidak salah jika kita memilih teman apa adanya, namun apa benar jika kita terpengaruhi oleh sifat buruknya ? tentu salah. Lalu bagaimana supaya kita tidak salah dalam bergaul?, berikut ini adalah cara memilih teman pergaulan yang benar didalam lingkungan maupun sekolah dan tempat kerja.

1. Kenali Siapa Dia

Memilih teman harus mengenal siapa yang ingin kita jadikan sebagai teman. Jangan sekedar mengenal siapa namanya saja, kenali juga bagaimana latar belakangnya. Kenali bahwa dia teman yang baik untukmu, bukan yang membawamu ke hal-hal  yang negatif. Jika kita sudah kenal betul dengannya barulah lebih dekat lagi denganya.

2. Teman yang Mau Memberi Nasehat

Sangat asyik bukan jika ada teman kita yang mau menegur jika kita melakukan kesalahan. Apalagi jika dia bisa mengerti perasaan dan keadaan kita. Carilah teman yang seperti ini, teman yang dapat memberikan nasehat-nasehat yang baik buatmu dan membawamu ke hal-hal yang lebih positif.

3. Setia

Carilah teman yang selalu ada disaat kita susah , bukan yang ada disaat kita bahagia saja. Kadang ada teman yang datang jika kita lagi memiliki banyak uang dan ketika kere mereka akan menjauh satu persatu. Maka carilah teman yang memang setia denganmu.

4. Tidak Berbicara Kasar

Jangan terlalu dekat dengan teman yang suka mengeluarkan bahasa kasar dari mulutnya. Dari situ kita sudah tau jika dia memang bukan teman yang baik. Karena perkataan merupakan cerminan dari perlaku seseorang. Jika ia bicara saja sudah kasar, bagaimana pula kehidupannya.

5. Bisa Dipercaya

Teman adalah orang yang kita percayain selain orang tua, jika kita sudah memiliki teman dekat, pasti kita memberitahukan dia tetap pribadimu sebahagian. Jadi perlu berpikir berulang kali untuk memilih teman yang benar-benar bisa dipercayain menjaga rahasiamu. Bisa dipercayai dalam hal apapun.

6. Jujur

Kejujuran merupakan hal yang wajib dimiliki seseorang. Milikilah teman yang jujur tanpa kebohongan. Biasanya jika teman sekali bohong maka kebohongan itu akan berlanjut. Jadi hati-hati, jangan ada sampai dibohongi oleh teman anda sendiri.

Semoga dengan adanya artikel ini sobat dapat memilih teman dengan benar. Agar pergaulan teman-teman berarah ke hal-hal yang positif. Tidak melenceng dari peraturan agama maupun hukum. Maka pilihlah teman denga kritis dan bijaksana. Terimaksih sobat...
Facebook Twitter Google+

No comments:

Post a Comment

© 2017 Generasi Emas | Theme by Mas Juni